Rabu, 28 Oktober 2015

Ceritanya Liburan

Pergi berlibur kesebuah pulau mungkin salah satu daftar liburan yang menyenangkan dikalangan remaja saat ini. Tidak terkecuali liburan keluarga saya saat ini. Kepulauan seribu, apabila mendengar nama itu pasti kita semua sudah mengetahuinya. Kepulauan seribu terletak dilaut Jawa dan teluk Jakarta merupakan wilayah dengan karakteristik dan potensi alam yang berbeda dengan wilayah DKI Jakarta lainnya. Pulau-pulau kecil yang nan indah dengan keeksotisan dasar lautnya menandakan bahwa ada sebagian dari kota Jakarta yang masih memiliki panorama alam yang indah mempesona. Pulau Tidung adalah salah satu pulau yang termasuk dari pulau-pulau kecil di Kepulauan Seribu. Keindahan pantai yang putih dan panorama yang indah ditambah dengan adanya fasilitas Jembatan Cinta, menarik para wisatawan lokal maupun interlokal yang hampir setiap minggunya bahkan setiap harinya datang untuk berlibur dan menikmati pesona alamnya. Untuk dapat berlibur ke Kepulauan Seribu khususnya Pulau Tidung Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyediakan Dermaga Muara Angke sebagai salah satu cara untuk dapat meyebrang ke Pulau Tidung. Di Dermaga Muara Angke terdapat beberapa kapal dengan masing-masing tujuan. Selain itu terdapat pilihan kapal yang mau kita naiki. Tarif kapal dengan tujuan Muara Angke-Tidung Rp. 35.000/org. Perjalanan yang akan ditempuh dari Muara Angke ke Pulau Tidung kurang lebih antara 2-3 jam. Kapal ini biasanya berangkat setiap pukul 7 pagi. Setelah menempuh perjalanan yang cukup lama akhirnya sampai pada tempat tujuan, ketika kapal mulai berhenti dan rasa takjub pun tanpa henti terlontar dari mulut kalian karena melihat keindahan alam pulau Tidung. Sesampainya di pulau kami bertemu dengan salah satu dari bagian keluarga besar saya yang memiliki rumah disana, kami pun dijemput dengan menggunakan bentor (becak motor). Harga naik bentor bervariasi mulai dari Rp. 15.000 tapi untuk bentor yang saya naiki dari dermaga menuju Home Stay yang jaraknya cukup jauh dari dermaga kami harus mengeluarkan uang sebesar Rp. 20.000. sesampainya di Home Stay kami pun disambut dengan hidangan makan siang. Setelah itu kami beristirahat sejenak dan ketika matahari sudah tidak terlalu panas kami memutuskan untuk berjalan-jalan disekitar pulau dengan menggunakan sepeda yang sudah disediakan. View pantai dan laut yang begitu indah memuat suasana hati menjadi senang dan ingin tetap berada disini. Setelah berjalan-jalan, kami pun memutuskan untuk bermain air dan bersnorkling ria menikmati keindahan bawah laut dan bermain bersama ikan-ikan kecil didalamnya. Setelah puas bermain air disore hari kami pun kembali ke Home Stay untuk bersih-bersih dan bersiap untuk ISOMA (istirahat sholat makan malam). Dan keesokan hari nya kami pun bersiap-siap untuk pulang.
Wawancara pengunjung :
Menurut salah satu pengunjung berlibur kepulau Tidung adalah liburan yang sangat menyenangkan karena melihat pemandagannya yang indah membuatnya ingin kembali atau ingin menetap disana.