Jumat, 15 April 2016

Karangan Bahasa Indonesia (Deksripsi, Narasi, Eksposisi, Persuasi, Argumentasi)




1.        Karangan Dekripsi 
Hewan Bebek


Dia tergolong dalam jenis hewan unggas. Dia termasuk hewan pemakan segala (omnivora). Di kaki nya terdapat selaput untuk membantunya agar cepat berenang. Dia juga termasuk hewan yang berkembang dengan cara ovipar (bertelur). Telurnya bisa digunakan sebagai lauk atau bahan masakan lainnya. Selain telurnya dagingnya pun dapat dikonsumsi sebagai makanan yang lezat dan banyak disukai banyak orang. Dan hewan itu adalah Bebek.

2.        Karangan Argumentasi

Kemacetan di Jalan Raya Bogor
Memberantas kemacetan dijalan raya Bogor yang saat ini sering dibicarakan rasanya hanya sebuah wacana saja. Setelah kemarin diberlakukan sistem satu arah (SSA) di depan jalan raya seputar Istana Bogor. Meskipun begitu, rencana awal yang diharapkan bisa memberantas kemacetan malah menjadi tambah macet disejumlah jalan raya. Selain itu, tidak sedikit warga yang mengeluh tentang adanya SSA itu. Selain rute berputar yang lebih panjang sehingga menyita waktu yang lebih lama diperjanan dan juga tak sedikit pun masyarakat yang bingung untuk naik angkutan umum karena adanya beberapa perubahan jalur angkutan umum.

3.        Karangan Narasi

Di sebuah hutan belantara, hiduplah 3 orang anak yang bernama James, Thomas, dan Harry. Mereka tinggal di sebuah gubuk tua yang sudah tak layak huni. Setiap hari mereka selalu berburu binatang untuk santapan sehari-hari. Setiap harinya mereka mendapatkan satu hasil buruan rusa. Setelah beberapa lama kemudian, ketika mereka sedang berburu ketiga anak tersebut bertemu dengan seorang raja yang kaya raya, kebetulan sang raja sedang berburu dihutan dekat gubuk mereka. Ketika sang raja sedang ingin melepaskan anak panas miliknya ke rusa sasaran buruannya ternyata ada anak panas yang terlebih dahulu mengenai rusa itu dari arah samping. Ternyata anak panah itu milik James. Sang raja pun merasa heran, ketika raja mencari tau anak panas milik siapa raja pun melihat tiga bersaudara itu dan bertanya apakah itu anak panah milik salah satu dari mereka. James pun menjawab “iya paduka raja itu adalah anak panah milik ku”. Raja tertarik dengan keahlian mereka dalam memanah dan berburu, kemudian James, Thomas, dan Harry pun di bawa ke Istana sang raja kaya tersebut dan dijadikan sebagai anak angkatnya. Kemudian ketiga anak itu pun hidup bahagia bersama sang raja kaya itu.

4.        Karangan Persuasi

Kecelakaan lalu lintas sering terjadi disekitar kita. Penanggulangan kecelakaan lalu lintas dapat dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya, dengan mentaati rambu-rambu lalu lintas, memakai helm, dan perlengkapan keamanan lainnya seperti jaket, sepatu atau sandal tertutup, serta sarung tangan. Dari berbagai cara ini hal yang paling mudah dilakukan adalah dengan mentaati peratuan yang ada di jalan dan menggunkan helm, karena dengan menggunkan helm dan mentaati peraturan rambu lalu lintas akan mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas. Anda tidak ingin mengalami kecelakaan kan? makanya mari kita taati peraturan rambu lalu lintas dan menggunakan peralatan keamanan berkemudi sepeda motor, agar terhindar dari kecelakaan lalu lintas.

5.        Karangan Eksposisi
MEMBUAT PANCAKE STRAWBERRY



BAHAN – BAHAN :
  • 250 ml susu cair
  • 200 gr tepung terigu protein sedang, diayak.
  • 30 gram margarin, lelehkan
  • 5 sdm gula halus
  • ¼ sendok makan baking powder
  • ½ sendok teh garam
  • 100 gr selai stroberry
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 1/2 sdt vanili

CARA MEMBUAT PANCAKE STRAWBERRY

  1. Campurkan tepung terigu, gula halus, baking powder, dan garam. Aduk rata.
  2. Aduk rata telur dan susu cair sampai merata. Tuang ke dalam campuran tepung terigu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk.
  3. Tambahkan vanili dan margarin leleh sambil diaduk perlahan.
  4. Diamkan adonan selama kurang lebh 15 menit sampai adonan mengembang.
  5. Siapkan teflon ukuran diameter kecil (15 cm), tuangkan satu sendok sayur ratakan dengan permukaan wajan, tunggu hingga satu permukaan matang, balik sampai permukaan satunya matang, angkat.

MEMBUAT SAUS STRAWBERRY

  1. Gunakan 250 gram strawberry segar, blender sebentar, jangan terlalu halus.
  2. Panaskan dengan api kecil, tambahkan 50 ml air, 2 sdm gula pasir, 2 sdm susu kental manis, aduk sampai mendidih dan mengental.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar