Jumat, 20 Mei 2016

Mengenal Hololens


Kacamata Hololens



Microsoft membuat kacamata pintar bernama Hololens pada awal tahun 2015. Tren alat-alat pintar kini mulai merambah pada kacamata. Seperti yang dikatakan oleh Satya Nadella, CEO Microsoft bahwa kacamata pintar ini cikal bakal computer masa depan.
Hololens buatan Microsoft ini berfungsi untuk menampilkan informasi yang dilihat oleh pengguna secara hologram. Akan tetapi segala macam informasi hologram ini hanya akan bisa dilihat ketika menggunakan kacamata pintar ini.
Satya Nadella mendemonstrasikan fitur menarik dari Hololens ini, Hololens mampu membawa medan yang ditampilkan di kacamata hadir di ruang tamu.
“Ini bukan kacamata Virtual Reality, akan tetapi ini kaca mata Augmented Reality.” Tegas Nadella.
Hololens ini dijanjikan oleh Microsoft agar bisa mengubah cara kita berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Pada dasarnya Hololens merupakan headgear yang memiliki lensa transparan. Saat menggunakan Hololens, pengguna masih bisa melihat lingkungan sekitar layaknya menggunakan kacamata biasa. Namun, Hololens menerapkan gambar-gambar digital yang ditempelkan (overlay) di atasnya.
Hololens mampu menampilkan layar televise, kulkas, dan peralatan lainnya pada sebuah ruangan yang sebenarnya kosong. Gambar digital ini pun bisa membentuk 3D, sehingga kita bisa berinteraksi dengan benda virtual yang dihasilkan Hololens.
Hololens menyorotkan cahaya ke mata pengguna tanpa membuat silau atau terganggu. Semua efek tersebut dihasilkan oleh komputer yang dirangkai ke dalam Hololens tersebut. Jadi, kacamata ini tidak perlu kabel atau smartphone untuk menjalankan fungsinya.
Pada saat perilisan resmi Hololens, Microsoft mempersilakan peserta yang hadir dalam acara perilisan untuk mencoba produk inovatif dari Microsoft ini. Demonya sangat sederhana, hanya memainkan game Minecraft dari sofa dan berbagai objek yang ada di panggung. Namun, semua orang yang menjajal kacamata pintar ini terpukau ketika mendemokannya.

Sumber : http://www.teknoologia.com/tekno-news/2015/05/07/mengenal-hololens-kacamata-buatan-microsoft-91800/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar