Sabtu, 23 Mei 2015

Kesimpulan kelompok 3

DESAIN DAN STRUKTUR ORGANISASI Sruktur organisasi adalah sebuah susunan ataupun pola dimana pekerjaan itu dibagi-bagi ataub dikelompokan secara formal yang bertujuan agar menetapkan pola hubungan antara beberapa komponen sehingga mencapai sasaran atau hasil yang efektif.
Terdapat tiga dimensi struktur organisasi yang diantaranya :
1. Kompleks, yaitu mempertimbangkan tingkatan diferensiasi yang ada dalam organisasi.
2. Formalisasi, yaitu sejauh mana organisasi menyandarkan dirinya pada peraturan dan prosedur untuk mengatur perilaku dari pada pegawainya.
3. Sentralisasi, dimana sebuah tingkatan pengambilan keputusan dikonsentrasikan hanya pada satu titik tunggal didalam organisasi.

Elemen- elemen struktur organisasi :
1. Spesialisasi pekeraan
2. Depatementalisasi
3. Rantai komando
4. Rentang kendali
5. Sentralisasi dan Desentralisasi
6. Formalisasi

Departementalisasi adalah proses penentuan cara bagaimana kegiatan yang dikelompokkan. Beberapa bentuk departementalisasi sebagai berikut :
1. Fungsi
2. Produk atau jasa
3. Wilayah
4. Langganan
5. Proses atau peralatan
6. Waktu
7. Pelayanan
8. Alpa – numeral
9. Proyek atau matriks

Departentalisasi fungsional mengelompokkan fungsi – fungsi yang sama atau kegiatan – kegiatan sejenis untuk membentuk suatu satuan organisasi.

Departementalisasi Divisional mengikuti pembagian divisi-divisi atas dasar produk, wilayah (geografis), langganan, dan proses atau peralatan.

Departementalisasi Organisasi Matriks merupakan gabungan dari departementalisasi menurut fungsional dan departementalisasi menurut proyek.

Departementalisasi menurut produk/pasar jenis ini orang-orang atau sumber daya yang ada dibagi-bagi kedalam departemen fungsi serta dibagi juga kedalam tiap-tiap lini produk, wilayah geografis, menurut jenis konsumen, dan lain sebagainya.

MODEL DESAIN ORGANISASI
Terdapat dua model desain organisais, yaitu :
1. Model mekanis sebuah struktur yang dicirikan oleh departementalisasi yang luas, formalisasi yang tinggi, jaringan informasi yang terbatas, dan sentralisasi.

2. Model organik sebuah struktur yang rata, menggunakan tim lintas hierarki dan lintas fungsi, memiliki formalisasi yang rendah, memiliki jaringan informasi yang komprehensif, dan mengandalkan pengambilan keputusan secara partisipatif.

FAKTOR PENENTU STRUKTUR ORGANISASI
1. Strategi
2. Ukuran organisasi
3. Teknologi
4. Lingkungan

IMPLIKASI MANAJERIAL DESAIN dan STRUKTUR ORGANISASI
Desain dan struktur organisasi sangatlah penting dalam pengorganisasian karena dapat menghasilkan struktur atau susunan yang berkualitas didalam suatu organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar