Sabtu, 23 Mei 2015

Kesimpulan : KOMUNIKASI

Komunikasi adalah adanya sebuah proses interaksi atau penyampaian pesan (berupa informasi atau berita) dimana seseorang atau beberapa orang, kelompok ataupun organisasi dan masyarakat yang menyampaikan sebuah informasi (pesan, ide atau gagasan).
Dimana komunikasi ini juga memiliki beberapa unsur yan diantaranya adalah :
1. Adanya pengirim berita/informan
2. Adanya penerima berita
3. Adanya berita/informasi yang disampaikan
4. Ada sebuah media/alat pendukung
5. Adanya sistem yang digunakan untuk menyatakan berita (gerak, tulisan, dan kata-kata)

Selain itu komunikasi memiliki 2 jenis yaitu :
1. Komunikasi searah
Sebuah komunikasi yang dilakukan hanya ada satu arah pembicara dan yang lainnya adalah seorang pendengar. Contoh : Pidato, pembawa berita, dll.
2. Komunikasi dua arah
Sebuah komunikasi yang terjadi dimana ada satu orang sebagai pembicara, dan yang lainnya sebagai pendengar aktif (adanya interaksi tanya jawab). Contoh :

Tingkatan komunikasi ada 4 : 
- Intrapribadi
komunikasi yang terjadi pada diri sendiri melalui syaraf dan indra (misalnya meditasi)
- Antar pribadi
komunikasi yang terjadi pada individu dengan individu lainnya dan bersifat personal.
- Masa/publik
komunikasi dimana berita dapat diterima oleh pengirim secara serentak dan ditunjukan pada ruang lingkup yang luas.
- Organisasi
komunikasi yang terjadi dalam pengiriman berbagai informasi organisasi yang bersifat formal maupun informal.

Struktur komunikasi ada 2 yaitu :
Struktur Bintang
Jenis ini ada satu orang yang menjadi pusat komunikasi dan setiap individu lainnya harus melalui pusat itu terlebih dahulu. Contoh dari jenis ini terdapat didalam sebuah rapat-rapat, organisasi dan kelompok.
Struktur Langsung
Pada jenis ini setiap individu dapat berbicara langsung dengan individu lainnya pada saat yang ia hendaki. Contohnya terdapat pada acara reuni, acara keluarga dll.

Komunikasi Efektif dan Implikasi Manajerial

Komunikasi efektif adalah saling bertukar informasi, ide, sikap, kepercayaan dan perasaan antar individu ataun kelompok yang terlibat. Komunikasi dapat dikatakan efektif bila komunikasi yang dilakukan dimana:
Pesan dapat diterima dan dimengerti serta dipahami oleh pengirimnya
Pesan yang disampaikan oelh pengirim dapat disetujui oleh penerima dan ditindak lanjuti dengan perbuatan yang diminati oleh pengirim
Tidak ada hambatan yang berarti untuk melakukan apa yang seharusnya dilakukan untuk menindak lanjuti pesan yang dikirim.
Implikasi manajerial ialah bagaimana meningkatkan produktifitas dengan cara meningkatkan kapasitas, kualitas, efesiensi, dan efektivitas melalui sumber daya yang ada. Terdapat 2 implikasi yaitu :
1. Implikasi prosedural
2. Implikasi kebijakan

2 komentar: